Perang Saudara Italia (1943-1945)


Adalah perang saudara di Italia yang diperjuangkan oleh Tentara Co-Belligerent Italia dan Perlawanan Italia (dengan Sekutu Perang Dunia II) melawan Fasis Italia dan Republik Sosial Italia (dan kekuatan-kekuatan Axis) mulai 9 September 1943 (tanggal  gencatan senjata Cassibile) hingga 2 Mei 1945 (tanggal penyerahan pasukan Jerman di Italia).

Selama Perang Dunia II, setelah Mussolini digulingkan dan ditangkap pada 25 Juli 1943 oleh Raja Victor Emmanuel III, Italia menandatangani Gencatan Senjata Cassabile pada 8 September 1943, mengakhiri perangnya dengan Sekutu.  Namun, pasukan Jerman segera berhasil mengambil kendali atas Italia utara dan tengah, membentuk Republik Sosial Italia (RSI), dengan Mussolini diangkat sebagai pemimpin setelah ia diselamatkan oleh pasukan terjun payung Jerman. 

Jerman, sering dibantu oleh kaum Fasis, melakukan beberapa kekejaman terhadap warga sipil dan pasukan Italia.  Akibatnya, Pasukan Belligerent Italia diciptakan untuk berperang melawan RSI dan sekutu Jermannya, sementara pasukan Italia lainnya, yang loyal kepada Mussolini, terus bertarung bersama Jerman di Tentara Republik Nasional. 

Selain itu, gerakan besar perlawanan Italia memulai perang gerilya melawan pasukan fasis Jerman dan Italia.  Kemenangan anti-fasis mengarah pada eksekusi Mussolini, pembebasan negara, dan kelahiran Republik Italia.

Latar Belakang

Pada 25 Juli 1943, Mussolini digulingkan dan ditangkap.  Raja Victor Emmanuel III mengangkat Pietro Badoglio sebagai Perdana Menteri.  Pada awalnya, pemerintah baru mendukung Poros.  Demonstrasi merayakan perubahan itu ditekan dengan keras.  Italia menyerah kepada Sekutu pada 8 September.

Victor meninggalkan Roma dengan Kabinetnya, meninggalkan Angkatan Darat tanpa perintah.  Mussolini diselamatkan dari penjara oleh Waffen-SS pada 12 September.  Hingga 600.000 tentara Italia diambil sebagai tahanan oleh Nazi dan sebagian besar dari mereka (sekitar 95%) menolak kesetiaan kepada Republik Sosial Italia (RSI) yang baru didirikan, negara fasis dengan Mussolini sebagai pemimpinnya, yang dibentuk pada 23 September. 

Ini dimungkinkan oleh pendudukan Jerman di semenanjung Italia melalui Operation Achse, yang direncanakan dan dipimpin oleh Erwin Rommel.

Setelah gencatan senjata dengan Italia, pasukan Inggris memiliki dua perspektif: perspektif "liberal", yang mendukung partai-partai demokratis yang berusaha menggulingkan monarki, dan bahwa Winston Churchill, yang lebih suka musuh yang kalah daripada sekutu yang baru direkrut. 

Partai-partai disusun kembali setelah 8 September. "Bahkan dalam situasi ini selama berbulan-bulan kehidupan para pihak sangat sulit di Selatan selama tahun 1943 dan 1944 dan di atas semua itu, mereka (partai-partai) hampir tidak mampu menerobos sikap apatis yang menjadi ciri khas lokal.  populasi ".  Sisanya "sebagian besar petani merujuk pada struktur paroki". 

Sumber daya terkonsentrasi untuk mendorong propaganda di antara massa di daerah-daerah yang terbebaskan, yang menampilkan denominator umum untuk mengakhiri dukungan fasis.  Laporan Prefektur mengkonfirmasi perekrutan mantan fasis di jajaran partai yang baru dibentuk.

Peristiwa

Unit-unit fasis dipersengketakan untuk wilayah dengan unit-unit partisan, seringkali didukung oleh pasukan Jerman.  Kaum fasis mendominasi di kota-kota dan zona-zona polos, didukung oleh senjata berat, sementara unit-unit partisan kecil lebih dominan di daerah pegunungan dengan tutupan yang lebih baik, di mana bentukan-bentukan besar tidak dapat bermanuver secara efektif.

Banyak episode kekerasan mengikuti, kadang-kadang mengadu fasis melawan fasis dan partisan melawan partisan.  Yang terkenal di antara ini adalah pembantaian Porz. 

Partisan komunis dari divisi Natisone (brigade SAP 13 martiri di Feletto), melekat pada Yugoslavia XI Corpus atas perintah Togliatti, setelah mencapai komando salah satu dari banyak Brigade Osoppo, membantai 20 partisan dan seorang wanita, mengklaim bahwa mereka adalah  Mata-mata Jerman. 

Di antaranya adalah komandan Francesco De Gregori dan komisaris brigade Gastone Valente.

Pasukan Republik Sosial Italia berjuang untuk menjaga agar pemberontakan tetap tersembunyi, mengakibatkan jumlah pasukan pendudukan Jerman yang ditempatkan untuk menopang mereka. 

Field Marshall Kesselring memperkirakan bahwa dari bulan Juni hingga Agustus 1944 saja, partisan Italia menimbulkan minimal 20.000 korban pada Jerman (5.000 tewas, 7.000 hingga 8.000 ditangkap / hilang, dan jumlah yang sama terluka), sementara korban yang jauh lebih rendah adalah korban sendiri. 

Petugas intelijen Kesselring memberikan angka lebih tinggi yaitu 30.000 - 35.000 korban dari aktivitas Partisan dalam tiga bulan tersebut (yang menurut Kesselring terlalu tinggi): 5.000 tewas dan 25.000-30.000 hilang atau terluka.

Tamat

Kekalahan di tangan pasukan Anglo-Amerika meninggalkan Jerman, dan pada akhirnya kaum fasis Italia, lebih lemah di Italia, sampai pada April depan mereka runtuh dan garis belakang sangat ringan dipertahankan. 

Partisan Italia mengambil keuntungan dari ini dengan pemberontakan skala besar pada akhir April, menyerang pasukan Jerman dan RSI yang mundur.  Pada 26 April Genoa jatuh, dengan 14.000 pendukung Italia memaksa kota itu menyerah dan membawa 6.000 tentara Jerman sebagai tahanan. 

25.000 partisan menangkap Milan pada hari yang sama, dengan Turin jatuh dua hari kemudian pada 28 April. Mussolini berusaha menarik diri ke gunung pada 27 April, tetapi ditangkap oleh partisan dan dibunuh. 

Pasukan fasis menyerah sepenuhnya pada 2 Mei 1945 setelah kesepakatan yang dibuat dengan Sekutu pada 30 April, sebelum Jerman menyerah kepada Sekutu pada 7 Mei 1945.

Akibat

Setelah perang saudara, banyak tentara, eksekutif dan simpatisan dari Repubblica Sociale yang fasis menjadi sasaran pengadilan dan dieksekusi.  Yang lainnya terbunuh tanpa pengadilan yang layak. 

Warga sipil juga terbunuh, di antara mereka ada orang yang dituduh melakukan kolaborasi oleh orang lain yang ingin membalas dendam atas dendam pribadi.  Menteri Dalam Negeri Mario Scelba memperkirakan jumlah yang tewas adalah 732, tetapi sejarawan membantah perkiraan ini. 

Sejarawan Jerman Hans Woller mengklaim sekitar 12.060 terbunuh pada 1945 dan 6.027 pada 1946. Ferruccio Parri mengatakan jumlah korban fasis mencapai 30.000.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sultan Muhammad Al Fatih Sang Penakluk

Situs Gesper666 Itu Apa?

Konsep "Merdeka 100 Persen" Tan Malaka